Perkenalkan NEW PELNI MOBILE Sebuah Awal Mula Lahirnya Impian SUPERAPPS PELNI

Penghujung akhir tahun 2022 tidak menyurutkan semangat tim Teknologi Informasi bersama unit kerja lainnya untuk terus mendukung digitalisasi PT PELNI. Hal ini terbukti dengan lahirnya sebuah aplikasi New Pelni Mobile sebagai bentuk dukungan untuk menambah pundi cuan bisnis PT PELNI.
Sumber Foto : Youtube Official Pelni 162 Saat Pembukaan Rapat Pimpinan PT Pelni 2022
Semangat digitalisasi tim teknologi informasi semakin membara, saat Ibu Direktur Tri Andayani menyampaikan amanat kepada Insan Pelni untuk menyempurnakan sistem proses digitalisasi bisnis PT PELNI saat acara rapat pimpinan tanggal 3 Agustus 2022. Amanat itu menjadi doktrin obat pil penyemangat tim dalam mewujudkan bukti nyata transformasi digital.
Teknologi Informasi harus memprioritaskan digitalisasi yang berpengaruh langsung pada Bisnis PT PELNI, permintaan digitalisasi yang tidak berhubungan langsung dengan Bisnis harap antri silahkan parkir bus dulu!
(Direktur PT PELNI dalam pembukaan Rapim 2022)
Sejarah Pelni Mobile
PT PELNI memiliki aplikasi mobile pada tahun 2018 dengan pembangunan development yang berbasis teknologi Andoid Native dan IOS Native. Pengguna smartphone android dan Pengguna smartphone IOS telah dapat merasakan pelayanan pemesanan tiket dalam gengaman sejak saat itu. Dalam perjalanan awal kelahiran Pelni Mobile versi pertama terdapat beberapa fitur yang dapat dinikmati pengguna android dan IOS antara lain:
1. Pencarian Jadwal Kapal
Pengguna dapat mencari jadwal dengan cara memilih pelabuhan dari kota asal dan memilih dari kota tujuan, kemudian menentukan tanggal keberangkatan kapal, serta pilih jumlah penumpang yang akan naik kapal pelni, selanjutnya klik tombol cari.
2. Pemesanan Tiket Kapal
Pada fitur ini pengguna dapat memesan tiket kapal yang tersedia pada jadwal. Pengguna dapat menentukan biodata pemesan dan penumpang dari yang akan naik pada kapal tersebut. Rincian harga ditampilkan dengan perhitungan transparan beserta rincian harga dari tiket kapal. Proses berikutnya pengguna akan diminta untuk melanjutkan ke proses pembayaran.
3. Pembayaran Tiket Kapal
Pengguna tidak perlu khawatir dalam proses pembayaran dikarenakan Pelni Mobile menyediakan beberapa alternatif pembayaran saat itu yait melalui ATM Transfer BRI dan lainnya.
4. Informasi Paket Layanan Tour
Pengguna dapat mengetahui layanan tour dan harga yang disediakan oleh PT PELNI. Berbagai pilihan layanan yang dapat pengguna rencanakan sendiri mengenai jadwal Tour yang akan diambil sebagai traveler bersama Tim Tour Kapal PT PELNI.
5. Informasi Paket Lifestyle
Berbagai layanan lifestyle dapat menjadi referensi Pengguna Pelni Mobile untuk merencanakan acara baik formal maupun informal.
6. Informasi Paket Promo
Pengguna tidak perlu khawatir untuk ketinggalan info Promo, karena info promo terbaru secara real time akan hadir di dalam gengaman smartphone masing-masing pengguna.
Sumber Gambar : Website Pelni.co.id
Seiring perjalanan waktu dalam menerjang badai Pandemi Covid 19, bisnis PT PELNI selalu melakukan adaptasi dan responsif dalam perubahan bisnis, sehingga bisnis logistik adalah pilar utama dalam bisnis PT PELNI saat ini. Hal ini semakin diperkuat pada visi PT PELNI yang berubah “Menjadi Perusahaan Pelayaran dan Logistik Maritim Terkemuka di Asia Tenggara”. Berbagai layanan digital juga digenjot aktif seperti pemesanan muatan platform MyCargoo.pelni.co.id. Dalam hal ini Pelni Mobile juga tidak luput dari pemintaan manajemen yang perlu ditingkatkan menjadi New Pelni Mobile untuk mendukung arahan proses bisnis PT PELNI.
Transformasi New Pelni Mobile
Sumber Gambar : Cover New Pelni Mobile Playstore
Terdapat beberapa pembaharuan yang membuat pengguna semakin dimanjakan dari lahirnya New Pelni Mobile antara lain:
1. Pencarian Jadwal Dari Nama Kota Maupun Nama Pelabuhan
Pelni Mobile sebelumnya hanya dapat mencari tiket dari pilihan pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan. Fitur ini bertransformasi pencarian jadwal tiket kapal dapat dengan mudah dengan cara mencari nama kota maupun nama pelabuhan. Hal ini diharapkan pengguna yang hanya mengetahui nama kota dapat dengan mudah mencari jadwal tiket kapal PELNI.
2. Channel Pembayaran Tiket Pelni Semakin Lengkap
Pelni Mobile sebelumnya hanya menampilkan beberapa chanel pembayaran. Pengguna New Pelni Mobile kini tidak perlu khawatir terkait pilihan pembayaran tiket pelni karena PT PELNI telah menjalin kerjasama dengan salah satu Payment Gateway di Indonesia. Diharapkan Pengguna dapat memilih channel pembayaran yang sesuai kenyamanan selama bertransaksi di New Pelni Mobile.
3. Tampilan Terkini dengan Dukungan Teknologi Terbaru
Berbeda dengan teknologi Pelni Mobile yang lama yaitu menggunakan Android Native dan IOS Native. Teknologi yang digunakan dalam membangun aplikasi New Pelni Mobile yaitu berbasis framework Flutter. Flutter merupakan framework mobile yang dibangun dibawah Google ini digunakan juga oleh aplikasi Facebook, Instagram, serta aplikasi Google lainnya dalam pembangunan aplikasi Mobile. Pengguna New Pelni Mobile tidak perlu heran karena tampilan yang disuguhkan akan Sat Set Sat Set… dengan kecepatan yang stabil dan tampilan yang nyaman.
4. MyCargoo Hadir Dalam Genggaman New Pelni Mobile
Pengguna logistik di Indonesia tidak perlu khawatir ketinggalan untuk memesan muatan barang redpack, general cargoo, maupun kendaraan. New Pelni Mobile mengahadirkan fitur pemesanan yang sama dengan tampilan MyCargoo.pelni.co.id. Hal ini merupakan wujud keseriusan PT PELNI untuk mewujudkan Visi “Menjadi Perusahaan Pelayaran dan Logistik Maritim Terkemuka di Asia Tenggara”.
5. Semua Layanan Terintegrasi Dalam Comercial Backend
Layanan bisnis PT PELNI di New Pelni Mobile terintegrasi dengan sistem Comercial Backend, seperti contoh pengelolaan pelanggan tiket penumpang, tiket muatan, serta layanan pemesanan keagenan (sedang dalam proses) akan menjadi satu kesatuan platform yang dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Hal ini diharapkan nantinya pengguna New Pelni Mobile juga akan semakin mudah jika ingin menikmati lintas layanan PT PELNI seperti contoh memesan tiket penumpang sekaligus memesan tiket muatan, hingga memesan layanan keagenan dalam satu kali gengaman di Smartphone pengguna.
Sumber Foto : Didokumentasikan Oleh Andri Saat Tim Teknologi Informasi Melakukan Brifing
Tim pengembangan aplikasi New Pelni Mobile ini merupakan hasil karya dari tim internal teknologi informasi PT PELNI tanpa adanya bantuan dari pihak eksternal pengembang aplikasi mobile (Vendor). Sejak publish nya New Pelni Mobile di Play Store dan Apple Store terdapat beberapa masukan dan review yang telah diterima oleh tim Teknologi Informasi. Dalam review perihal teknis terkait teknologi seperti adanya bugs atau perbaikan teknis lainnya dapat tim Teknologi Informasi ditindaklanjuti, namun masukan seperti pelayanan dan kebijakan bisnis lainnya dibutuhkan kerjasama dari Unit Kerja lainnya.

Sumber Foto : Capture Review New Pelni Mobile di Play Store
Pelaksanaan transformasi perusahaan sebaiknya dimulai dari langkah transformasi pelayanan, transformasi pola pikir manusia, serta transformasi proses bisnis, sehingga seluruh lini bisnis PT PELNI juga paralel melaksanakan sebuah tanggung jawab transformasi masing-masing. Dengan komitmen dan kekompakan kolaborasi antar unit kerja untuk bertransformasi menjadi lebih baik, tentunya visi perusahaan “Menjadi Perusahaan Pelayaran dan Logistik Maritim Terkemuka di Asia Tenggara” menjadi semakin mudah tercapai.
New Pelni Mobile Membutuhkan Dukungan Seluruh Insan Pelni
New Pelni Mobile baru saja lahir dan masih membutuhkan dukungan tidak hanya dari Tim Teknologi Informasi, namun tentunya dari seluruh pegawai PT PELNI. Perjalanan New Pelni Mobile baru saja ada di kilometer awal untuk bertransformasi menjadi SuperApps yang diidam-idamkan oleh Insan Pelni. Dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain:
1. Dukungan Review Terbaik dan Bintang 5 Bagi Pengguna Iphone
Pengguna Iphone dapat menginstal melalui App Store dengan mengetikan Pelni Mobile atau melalui link berikut ini https://apps.apple.com/id/app/pelni/id1600839969 . Pegawai yang telah menginstal silahkan dapat menulis review terbaiknya dan memberikan bintang terbaik agar citra PT PELNI yang mempunyai New Pelni Mobile dapat menjadi semakin baik dan bersaing dengan kompetitor aplikasi sejenis di Apps Store.
2. Dukungan Review Terbaik dan Bintang 5 Bagi Pengguna Android
Pengguna Android dapat menginstal melalui Play Store dengan mengetikan Pelni Mobile atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.pelni.superapp. Pegawai yang telah menginstal silahkan dapat menulis review terbaiknya dan memberikan bintang terbaik agar citra PT PELNI yang mempunyai New Pelni Mobile dapat menjadi semakin baik dan bersaing dengan kompetitor aplikasi sejenis di Play Store.
3. Transformasi Proses Bisnis Setiap Unit Kerja Menjadi Lebih Baik
Sumber Gambar : Pixabay Ilustrasi Transformasi
Ilustrasikan metamorfosis seekor kupu-kupu adalah sebuah transformasi dari ulat menjadi hewan yang sangat cantik berwujud kupu-kupu. Sangatlah susah membuat kehidupan menjadi indah jika yang bertransformasi hanya dilakukan oleh batang tumbuhan yaitu tempat melindungi kepompong tersebut yang menjadi lebih kuat. Namun diperlukan juga sebuah keselarasan dan keharmonisan antara tumbuhan dan hewan dalam sebuah transformasi untuk mewujudkan alam yang lebih indah.
Transformasi tidaklah melulu membahas digitalisasi atau membangun sebuah aplikasi. Selayaknya batang tumbuhan yang diminta harus bertransformasi untuk selalu kuat agar mampu menopang dan menyuplai makanan bagi ulat. Disisi lain ulat tersebut juga perlu bertransformasi berubah menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu yang indah dan kuat, sehingga mampu terbang untuk menyebarkan serbuk bunga demi kebermanfaatan bagi alam dan makhluk hidup lainnya.
Mari kita berusaha bersama-sama bertransformasi demi mewujudkan PELNI JUARA !
ok sudah dilike mas
Mantap Mas, semoga transformasi bisa di terapkan menyeluruh oleh insan pelni
Wah, perubahan aplikasinya sangat signifikan ya…. tampilannya juga jadi lebih bagus.
semoga kedepannya aplikasi ini bisa memberikan manfaat lebih baik lagi kepada perusahaann… AMIIINNN
Keren, sangat membantu. jadi tahu sejarah Pelni Mobile. Semoga jadi aplikasi terbaik dan berguna bagi pelanggan PELNI !
Paparannya mantap…mas akhmad fauzi.👍
Mohon divisi terkait.
Setelah sy download aplikasi saya kasih bintang 5.
Cuma sayang mohon diseriuskan aplikasi tersebut. Soalnya masih banyak celah yg perlu ditingkatkan saran sih ga usah malu copy paste aplikasi sebelah..yg punyak jalan sendiri🤭🤭
App Mereka punya kelebihan
1. Bisa milih seat.. enak kan klo deket kamar mandi misalnya untuk lansia.
Mereka punya mapping yg oke sehingga lebih nyaman. Klo ga salah dikantor dah ada dong lay out kapal n mapping seat kapal. Masa engga??😁😁
2.pembayaran bisa lewat apa aja.bisa join n app swasta..trafeloka or pegi2 dll
Soalnya didaerah masih minim informasi.
Gitu dulu.. ya
Maju terus pelni baru.
Salam dari laut biru
Banda sea.
KM DOBONSOLO.