Sharing Center

Dari PELNI untuk Negeri

Sayup-sayup terdengar bunyi klakson kapal, pertanda kapal akan segera berangkat. Orang-orang yang masih tertinggal di terminal penumpang pelabuhan berlarian menuju tangga kapal.

——————————————————————————————————————————

Penduduk di pesisir pasti familiar dengan kapal. Moda transportasi laut ini banyak digunakan di daerah tengah dan timur Indonesia, seperti Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi dan Papua. Beberapa orang menggunakannya karena harganya yang lebih ekonomis dibandingkan moda transportasi udara, beberapa yang lain menggunakannya karena tidak ada pilihan moda transportasi lain. Dibalik tugas utamanya mengantarkan orang-orang dari satu daerah ke daerah lain, ternyata kapal membawa misi lain yang jauh lebih bermakna.

Dari 7 pulau besar di Indonesia, sebanyak 56,10% penduduk terkonsentrasi di Pulau Jawa, diikuti 21,67% di Pulau Sumatera dan 22,23% di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Banustra (BPS, 2021). Padahal, berdasarkan luasnya, Pulau Jawa menempati urutan kedua terakhir sebelum Kepulauan Maluku. Dengan sebaran penduduk yang tidak merata, tidak heran jika pertumbuhan ekonomi pun tidak merata. Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret tahun 2022, provinsi-provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi masih didominasi oleh provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia di antaranya Papua (26,56%), Papua Barat (21,33%) dan Maluku (15,97%).

Sungguh ironi bukan?

Mengutip tujuan berdirinya Indonesia dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945;  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, jelas tertulis bahwa bangsa Indonesia harus bertumbuh bersama. Perkembangan ekonomi seharusnya tidak lagi Jawasentris, karena Indonesia bukan hanya Jawa. Belasan ribu pulau lain merupakan bagian dari Indonesia yang juga harus diajak tumbuh bersama. Maka, mari menyamakan persepsi bahwa kehidupan yang layak adalah milik seluruh rakyat Indonesia, dari Pulau Benggala ke Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Di antara banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan kesetaraan, PT PELNI (Persero) terpilih menjadi pengemban tanggungjawab pelaksana moda transportasi laut. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberikan penugasan kepada PT PELNI (Persero) dalam bentuk kewajiban pelayanan publik atau PSO (Public Service Obligation) yang mewajibkan PT PELNI (Persero) menjalankan rute kapal yang ditentukan Pemerintah. Dengan 26 kapal penumpang dan 45 kapal perintis yang melintasi ratusan pelabuhan di Indonesia, PT PELNI (Persero) bertanggungjawab untuk menembus keterbatasan akses transportasi. Perlahan tapi pasti, Pemerintah melalui PT PELNI (Persero) membangun keterpaduan jaringan transportasi dengan tujuan melancarkan distribusi barang dan sumber daya manusia. Jika hal tersebut berjalan dengan baik, efek domino akan timbul pada meningkatnya sentra-sentra ekonomi, sumber daya manusia berkualitas, infrastruktur dan terakhir, perekonomian daerah.

Pada bulan-bulan tertentu, penumpang kapal PT PELNI (Persero) cenderung mengalami peningkatan. Misalnya, pada bulan Desember, kapal-kapal PT PELNI (Persero) akan dipersiapkan untuk melayani rute mudik Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Perpindahan manusia dari barat ke timur cenderung meningkat, karena poros ekonomi saat ini masih berpusat di bagian barat dan tengah. Karakteristik penumpang pada musim mudik Hari Raya Natal dan Tahun Baru tidak hanya para pekerja, tetapi juga anak sekolah. Melihat fakta tersebut, muncul harapan bahwa perlahan tapi pasti, sebaran sumber daya manusia yang berkualitas akan semakin merata. Pemerataan sumber daya manusia akan menarik investor untuk melakukan pembangunan infrastruktur. Adanya infrastruktur yang layak akan meningkatkan perekonomian yang berdampak kesejahteraan penduduk. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung, PT PELNI (Persero) turut serta membantu memajukan kesejahteraan umum. Tidak hanya Hari Raya Natal dan Tahun Baru, kapal PT PELNI (Persero) juga melayani mudik Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya. Lazimnya, harga tiket pesawat akan melonjak pada peak season. Sementara, untuk menempuh jalur darat diperlukan waktu yang cukup lama karena berpotensi terjadi kemacetan. Pada kasus ini, PT PELNI (Persero) bertindak solutif dengan menawarkan alternatif moda transportasi lain yang juga tidak kalah nyaman, aman dan terjangkau dari segi harga. Tanpa sadar, PT PELNI (Persero) telah menjadi bagian dari kehidupan sebagian rakyat Indonesia yang bergantung pada transportasi laut.
——————————————————————————————————————————-
Suatu kebanggaan bagi seluruh insan PELNI yang telah mendapat kesempatan untuk berperan serta membangun negeri. PT PELNI (Persero) bersama Pemerintah berkomitmen untuk terus menerus melayani, memanusiakan, menciptakan kenyamanan dan keamanan untuk seluruh pelanggan kapal PT PELNI (Persero). Seluruh kritik dan saran yang disampaikan akan menjadi bahan untuk berbenah secara kontinyu. Sekali lagi, untuk tujuan yang mulia;  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
————————————————————————————————————————
Kapal membunyikan klaksonnya sekali lagi, menandakan proses olah gerak segera dimulai. Seluruh penumpang telah naik ke atas kapal, tangga sudah terlipat dengan baik, para anak buah kapal sudah siap pada posisi masing-masing. Kapal bertolak dari pelabuhan asal menuju ke pelabuhan tujuan.

#pelnimenulis

KINANTI SONYA NASTITY
Staff Pengelolaan Penjualan Usaha Penumpang Komersial

    33 Comments

    1. Tata cara penulisannya sangat terstruktur, isi tulisannya informatif sekali

    2. Suling kapal ya kak yaaa…

    3. Goodjob Mba Kinan. Menarik!

    4. Dari ambon untuk indonesia

    5. Mantapu

    6. Mantup

    7. Mantap kali

    8. Gas gas gas

    9. Gas gas

    10. Gasss

    11. gasss

    12. Keren PELNI!

    13. Keren PELNI

    14. PELNI Juara!

    15. Mangstappu Djiwa

    16. Tetap semangat melayani

    17. Salam dari Papua, goodjob

    18. P

    19. PELNI JUARAA!!

    20. Sangat informatif, kerenn

    21. sangat memotifasi pengawai

    22. Mantap bermanfaat

    23. mantappppp tul

    24. Keren artikelnya

    25. Siap cici

    26. Woyooo

    27. Sippp

    28. Yooo

    29. Terus Berjaya PT PELNI (Persero) demi memberikan kontribusi terbaik unk masyarakat negeri Indonesia tercinta ❤️

    30. cukup padat informasinya

    31. Mantaapp 👏🏻

    32. Mantap Bagus, Sangat indah kata katanya mba kinanti. Semoga mendapatkan apresiasi dari manajemen. Semangat

    33. Insfiratif…bikin mood naik.👍buat kita yg kerja dikapal merasa lebih dihargai sebagai ujung tombak perusahaan….
      Maju terus pelni muda … jangan kalah sama pelni terdahulu kita harus lebih maju.
      Salam dari KM Dobonsolo.
      Terima kasih mbah kinan.. sukses slalu.
      Ditunggu artikel insfiratif selanjutnya…

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    0 %