People Management

People management adalah kemampuan untuk memotivasi, mengatur, dan mengarahkan karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan secara profesional. Bagi seorang pemimpin, skill ini wajib dikuasai dengan baik. Pasalnya, apabila ia tidak dapat mendorong motivasi dari anggota timnya, otomatis hal tersebut membuat anggota tim tidak akan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.
Di sisi lain, seorang pemimpin juga harus mengatur dan memperhatikan alur kerja dari anggota timnya. Di sinilah peran penting dari skill people management. Dengan menguasai kemampuan ini, seorang pemimpin dapat membuat anggotanya merasa betah bekerja bersamanya.
Setiap harinya, seorang pemimpin harus berusaha keras untuk membantu meningkatkan kinerja dari anggotanya. Hal ini tentu akan berdampak bagus pada performanya serta untuk perusahaan secara keseluruhan jika anggotanya disiplin dan profesional. Bahkan tidak hanya itu saja, seorang pemimpin melalui skill ini harus cermat untuk mengatasi konflik yang terjadi dalam suatu tim.
Dalam menerapkan people management, terdapat berbagai macam soft skill yang harus dikuasai, diantaranya:
Komunikasi
Keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan dalam people management sebab setiap hari kamu akan berkomunikasi secara langsung dengan anggota tim. Tanpa skill komunikasi yang memadai, sulit bagi seorang pemimpin untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan detail kepada seluruh anggotanya.
Active listening
Active listening penting untuk diterapkan dalam dunia kerja. Pasalnya, dalam pekerjaan sudah pasti akan ada banyak sekali karyawan yang bertanya ataupun bercerita mengenai pekerjaannya kepadamu di setiap hari. Dengan keadaan seperti ini, kamu dituntut untuk mendengarkan secara baik. Ketika seseorang meminta saran, berikan saran yang terbaik agar dapat menyelesaikan masalahnya.
Manajemen konflik
Tidak bisa dipungkiri, dalam setiap tim pasti ada konflik yang akan terjadi, entah itu perbedaan pendapat atau masalah lainnya. Dalam hal ini, kamu sebagai pemimpin harus menjadi penengah jika sewaktu-waktu terjadi konflik. Pasalnya, apabila tidak diselesaikan dengan cepat, ini akan berdampak buruk terhadap kinerja tim ke depannya. Keterampilan people management yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam tim.
Kolaborasi
Dalam tim, kemampuan kolaborasi adalah hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat kamu menjadi pemimpin dalam tim tersebut. Selain kolaborasi dengan pemimpin lainnya, kamu juga dituntut untuk berkolaborasi dengan anggota tim sendiri.
Fleksibel
Sebagai seorang pemimpin, kamu juga dituntut untuk menjadi orang yang flexible. Jika tiba-tiba ada anggota tim yang meminta bantuan terkait suatu masalah, kamu harus membantunya. Intinya, dalam keadaan apapun, fleksibilitas penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin.
Hal-hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan people management:
Fokuskan satu keterampilan
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dalam manajemen orang terdapat banyak sekali keterampilan. Nah, pilih salah satu dari semua itu, misalkan manajemen konflik. Dari situ, kamu bisa fokuskan terlebih dahulu untuk menguasai manajemen konflik dengan baik. Kamu bisa belajar secara individu atau bertanya-tanya kepada para ahlinya. Ini akan membantumu untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang lainnya dalam people management.
Cari mentor
Cara lainnya untuk meningkatkan kemampuan manajemen orang adalah dengan mencari mentor pilihanmu. Melalui mentor, kamu bisa mengetahui feedback apa saja yang akan mereka berikan kepadamu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan evaluasi secara rutin perihal kemampuanmu dalam mengorganisasi orang.
Minta masukan atau nasihat dari pemimpin lain
Jangan ragu untuk minta masukan atau nasihat dari pemimpin lain perihal performamu dalam menangani tim. Hal ini akan berguna untuk dirimu ke depannya. Kamu jadi tahu apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan ke depannya.
Sumber :
- IDN Research Institute, “Indonesia Millennial Report 2022”, 2022.
- https://glints.com/id/lowongan/people-management/#.Y0YnQT1BzIU
Keren artikelnya.. Singkat padat jelas.. 👍