Sharing CenterSharing Umum

Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi di Lingkungan PT. PELNI (Persero)

TikTok melesat menjadi aplikasi populer di Indonesia maupun dunia pada 2020. TikTok menjadi aplikasi non-gaming yang paling populer selama juni 2020, aplikasi buatan China tersebut   menjadi aplikasi   yang   paling  banyak diunduh. TikTok adalah salah satu platfrom media sosial yang perkembangannya paling cepat didunia. TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek berdurasi 5 menit disertai musik,filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Berkembangnya TikTik di indoensia sangat menarik minat karena beragam pilihan konten yang di sajikan oleh para kretor TikTok, sehingga pengguna dapat bebas memilih konten sesuai keinginan.

Media penyiaran televisi yang bersifat konvensional pun sekarang harus mempunyai ide kreatif dan inovasi baru agar dapat bersaing dengan media digital, sedangkan TikTok dpat di akses kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan internet atau dengan mudahnya di akses. Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, maka banyaknya media yang di gunakan manusia untuk dijadikan alat berkomunikasi, demikian pula dengan media sosial dapat dengan mudah di akses oleh internet. Banyak platfrom maupun aplikasi menyedikan dukungan pembuatan video dan dengan hal menarik pada pengguna smartphone.

Kehadiran media baru menggunakan segala bentuk dan kegunaannya ini tidak begitu saja sebagai pengganti berdasarkan media yang telah ada terdahulu. Media lama berusaha mempertahankan keberadaannnya menggunakan cara mengikuti keadaan menggunakan kemajuan teknologi internet yang memunculkan media baru menjadi kekuatan baru transformasi fakta seperti pada pengelompokan era perkembangan teknologi komunikasi yang dilakukan oleh Rogers, tampak bahwa kehadiran media baru tidak hanya begitu saja menggeser kehadiran media konvensional yang hingga kini membutuhkan rakyat untuk menjadi sumber informasi dan fakta komunikasi yang sesuai.

Dari perspektif pasar, aplikasi yang menyasar video pendek lebih diminati pengguna karena tidak memakan waktu lama. Jika pengguna tidak tertarik, pengguna dapat langsung melihat konten pilihannya dan beralih ke video lain.(Kumparan, 2020)

Tujuan pengelolaan (manajemen )

Manajemen dapat menerapkan berbagai tujuan melalui proses perencanaan ini. Tanpa tujuan yang jelas, organisasi akan menggunkan sumber daya secara tidak efektif. Paada umumnya, tujuan media penyiaran dapat di bagi kedalam tiga hal yang terdiri atas tujuan ekonomi, pelayanan, personal (Morrisan, 2011 : 140), sebagai berikut:

  1. Tujuan ekonomi, mencakup hal keuangan media penyiaran bersangkut dengan perhatian utamanya tertuju pada target pendapatan, target pengeluaran, target keuntungan, target rating yang ingin dicapai.
  2. Tujuan pelayanan,    mencakup    kegiatan penentuan  program  yang  dapat  menarik  audien, penentuan  program  yang  dapat  memenuhi  minat dan     kebutuhan     audien     sekaligus    kegiatan penentuan    peran    media   penyiaran   ditengah masyarakat.
  3. Tujuan personal,  adalah  tujuan  individu  yang bekerja pada media penyiaran bersangkutan. Pada umumnya   individu   bekerja   untuk   satu   tujuan, yaitu  mendapat  penghasilan  namun  tidak  setiap individu   menjadikan  penghasilan  sebagai  satu-satunya   tujuan   karena   mereka   menginginkan tujuan  lain  misalnya:mendapatkan  pengalaman, keahlian,  kepuasan kerja dan sebagainnya.

Aplikasi Tik Tok bisa menjadi budaya populer di Indonesia, karena beberapa alasan, yakni (Yang, Zhao, & Ma, 2019) sebagai berikut:

  1. Video Pendek yang dekat dengan realitas dan situasi umum

Video dan lagu yang berdurasi pendek yang dibuat oleh creator(sebutan untuk pembuat konten  di  tiktok)  memiliki  kedekatan  realitas  masyarakat,  dan  dibalut  dengan  hiburan, sains,dan fashion sebagai konten utama sehingga mudah menarik perhatian audiens.

  1. Layanan Video Pendek yang sederhana

Pada Tik Tok para creator dibebaskan membuat konten video dengan durasi pendek (15 detik  hingga  sampai  5  menit),  disini  creator  diberikan  memudahkan  untuk  membuat konten, mulai dari pemilihan lagu yang sudah ada layanan “search”  dan pada layanan pemilihan  lagu  ini  juga  memberikan  kemudahan  dengan  mengklasifikasikan  lagu  yang ada, mulai dari genre hingga sampa klasifikasi yang sedang trending saat ini, bila creator tidak tahu judul lagu yang akan digunakannya maka creator bisa langsung memilih judul lagu  pada  video  creator  lain  yang  menggunakannya,  sehingga  proses  produksi  konten yang rumit dimasa lalu sudah diminimalisir.

  1. Antar Muka Aplikasi yang Friendly

Dari semua layanan (fitur)  yang memanjakan  creator dan audience tidak  akan maksimal penggunaanya   bila   tanpa   antar   muka   yang   mudah   dan user   friendly,   Tik   Tok menyediakan  kemudahan  itusehingga  pengguna  Tik  Tok  dapat  memilih  antarmuka musik  mereka  sendiri,  menambahkan  efek  khusus  seperti  keindahan  dan  gerak  lambat, dan kemudianmembuat video pendek musik favorit mereka.

  1. Tingkat Produksi yang canggih

Tik  Tok  dapat  mudah  berkembang  menjadi  populer  karena  mereka  menerapkan  fungsi mendorong konten yang diproduksi secara akurat sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna,  hal  ini  dapat  terwujud  karena  teknologi  yang  digunakan  cukup  mumpuni sehingga video yang disuguhkan pada halaman utama related dengan pengguna.

  1. Kebebasan untuk Pengguna

Aplikasi  Tik Tok  memberikan  kebebasan  bagi  para  penggunanya  sesuai  dengan  teori komunikasi, yakni membantu  masyarakat  untuk  mengekspresikan  diri  dan  merekam kehidupan yang baik adalah makna dari keberadaan video tersebut.(Mancini dan Hallin, 2012). Setelah   memasuki   halaman   beranda   Tik Tok,   itu   adalah   konten   yang direkomendasikan  oleh  Tik  Tok  untuk  para  penonton.  Pengguna  ponsel  dapat  beralih secara  bebas  atau  meluncur. Klik  dua  kali  pada  layar  untuk  konten  yang  Anda  sukai untuk  menyukai  koleksi.  Fungsi  pesan  di  sisi  kanan  layar  juga  memungkinkan  audiens untuk  berpartisipasi  dalam  interaksi  dan  komentar  secara  real  time.  Fungsi  pesan  adalah fungsi penerusan, di mana pemirsa dapat membagikan video ini ke Whatsapp, Facebook Instagram,  Insta  stories,  Line,  Telegram  dan  juga  email.  Operasinya  sederhana  dan nyaman, dan dapat memenuhi berbagai persyaratan pengguna dalam waktu singkat.

  1. Konten utama yang membahas trend saat ini.

Pengguna  Tik  Tok  yang  kebanyakan  kaum  millennial  sangatlah  mengikuti  trend  yang sedang berlaku saat ini, mulai dari trend kebugaran, interpetasi emosional, pemandangan indah, kecantikan dan gerakan fisik yang mewakili trend mode saat ini.

  1. Efek Selebriti

Dengan  semakin  maraknya  selebriti  di  Indonesia  yang  menggunakan  aplikasi  Tik  Tok membuat masyarakat mengikutinya. Jika di tahun 2017 lalu sangat sedikit selebriti tanah air yang menggunakan Tik Tok, kini banyak sekali selebriti yang membuat akun Tik Tok mereka, dan memposting ulang ke akun sosial media mereka lainnya.

  1. Pemasaran yang menarik

Tik   Tok   memasarkan   aplikasi   mereka   dengan   menarik,   dengan   mengurangi   biaya ekspresi  dan  meningkatkan  konten  yang  menyenangkan  serta  dapat  berkontribusi  pada penyebaran video dengan cepat (George & Bennet, 2005).

Saya mulai aktif di Tiktok sejak tahun 2021 dengan username: nagi_162. Berikut tautan akun tiktok saya: http://tiktok.com/@nagi_162

Konten yang saya buat kebanyakan mengenai Kapal PELNI dan Travelling Vlog. Selain menambah penghasilan lewat konten video, saya bisa memasarkan layanan/jasa produk PT. PELNI (Persero) sehingga secara tidak langsung menjadi salah satu agent marketing.

Terkadang saya ikut berlayar dengan Kapal PELNI dan membuat video semenarik mungkin agar viewers bisa tertarik untuk naik Kapal PELNI.

Jika Kapal PELNI sedang sandar di Pelabuhan Larantuka, saya sering live untuk memberikan informasi seputar Kapal PELNI sekaligus berjualan dan mendapatkan uang melalui gift dari penonton.

Kesimpulan

Dengan menggunakan teknologi  yang canggih Tik Tok memberikan algoritma proses yang  sangat  baik,  dimana  pengguna  diberikan  video yang  sesuai  dengan  preferensi  dan kebutuhan  pengguna  dengan  akurat,  kebebasan  yang  diberikan  kepada  pengguna  sehingga pengguna bebas membagikan video yang ada di tiktok lewat berbagai cara, konten yang selalu mengikuti trend saat ini di masyarakat, Selebriti yang menggunakan dan menjadi creator di Tik Tok membuat masyarakat mengikuti idolanya, dan juga pemasaran Tik Tok sendiri yang unik dengan lebij konsen ke Konten yang ada didalamnya.

Sumber Referensi:

  1. Definisi  TikTok https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN
  2. Alyusi, S.D. Media sosial : Interaksi, Identifikasi,  dan modal  sosial.  Jakarta : Kencana.
  3. Apriadi,   2013,   Tamburaka.   Literasi   Media   : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa: Jakarta PT Raja Grafindo Persada
  4. George, A. L., & Bennett, A. (2005). Case studies and theory development in the social sciences. Cambridge, MA: MIT Press
  5. Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the Reasons and Development of Short Video Application——Taking  TikTok  as  an  Example. 9th   International Conference   on Information and Social Science. https://doi.org/10.25236/iciss.2019.062
WYLLMAR SARIBUNGA PASANGKA
Kepala Bagian Keuangan dan SDMU

    Comments are closed.

    0 %