Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Perusahaan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN
Persaingan bisnis yang tajam di era globalisasi mulai bermunculan di segala sektor. Perusahaan jasa dan perusahaan dagang bersaing dengan berbagai macam tawaran produk dan jasa untuk meraih pelanggan atau konsumen sebanyak–banyaknya. Dari sisi peluang perusahaan untuk bersaing sehat di era globalisasi ini, semua perusahaan memiliki peluang yang sama untuk bersaing, baik itu perusahan kecil, sedang, dan besar. Dengan adanya persaingan ini perusahaan dituntut untuk senantiasa meningkatkan kinerja. Satu hal yang sangat berarti dalam meningkatkan kinerja menghadapi tantangan persaingan tersebut adalah melalui pengembangan manajemen sumber daya manusia. Sebuah perusahaan jika ingin berhasil dalam persaingan di era global seperti saat ini harus mampu membuat rancangan manajemen sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan serta responsif terhadap perubahan dunia bisnis di masa yang akan datang, ini adalah salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM).
Manajemen sumber daya manusia mencakup kata manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen adalah seni mengelola proses penggunaan orang dan sumber daya lainnya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Sumber daya manusia sebagai salah satu sumber daya organisasi memegang peranan penting dalam keberhasilan pelaksanaan tujuan organisasi. Bahkan mesin berteknologi tinggi pun akan menjadi tidak berarti jika sumber daya manusia yang mengoperasikannya tidak mumpuni untuk memproduksinya. Begitu pula dengan sumber informasi yang diterima organisasi, betapapun bagus dan lengkapnya, tidak akan berarti apa-apa jika kualitas sumber daya manusia yang ada tidak mampu mengubahnya menjadi informasi yang berguna bagi perkembangan dan kemajuan organisasi. Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni menyelaraskan hubungan dan peran tenaga kerja sehingga efektif dan efisien dalam membantu pencapaian tujuan bisnis, karyawan, dan sosial.
Manajemen SDM merupakan penyiapan dan pelaksanaan suatu rencana yang terkoordinasi untuk menjamin bahwa sumber daya manusia yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demimencapai tujuan organisasi. Manajemen SDM merupakan suatu strategi dan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pemimpinan (leading), dan pengendalian (controlling), dalam setiap aktivitas/fungsi operasional SDM.
Kinerja pada dasarnya adalah hal-hal yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan sehingga mempengaruhi banyaknya kontribusi mereka kepada instansi atau organisasi, termasuk pelayanan kualitas yang disajikan. Peningkatan kinerja adalah cara perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan agar tujuan perusahaan tercapai. Agar strategi peningkatan kinerja tersebut berhasil, maka perusahaan perlu mengetahui sasaran kinerja.
Kinerja karyawan, yang merupakan hasil olah pikir dan tenaga seorang karyawan terhadap pekerjaan yang dilakukannya, dapat berwujud, dilihat, dan dihitung jumlahnya. Akan tetapi, hasil olah pikiran dan tenaga ini, dalam banyak hal, tidak dapat dihitung dan dilihat, contohnya ide-ide pemecahan suatu masalah, inovasi baru suatu produk barang atau jasa, atau penemuan atas prosedur kerja yang lebih efisien.
Faktor-faktor yang digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan di antaranya adalah kemampuan individual (pengetahuan, keterampilan, kemampuan), usaha yang dicurahkan, dan dukungan organisasional. Pembinaan dan pengembangan SDM dapat dilakukan dengan cara:
- Pelatihan
Pelatihan merupakan pengembangan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Pelatihan tidak hanya berguna untuk karyawan melainkan juga perusahaan. Perusahaan tidak akan berkembang jika karyawannya tidak memiliki keterampilan dan minat kerja yang tinggi. Melalui pelatihan ini, perusahaan dapat menggali potensi karyawannya dengan mengembangkan keterampilan yang mereka miliki.
- Rekruitmen karyawan
Rekruitmen karyawan dilakukan sebagai upaya mendapatkan SDM sesuai klasifikasi kebutuhan perusahaan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaruan dan pengembangan.
- Perubahan sistem
Perubahan sistem yakni penyesuaian sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor eksternal. Perubahan sistem perlu dilakukan oleh SDM perusahaan sebagai strategi untuk mengembangkan dan memperbaiki program sesuai dengan analisa hasil kerja sebelumnya.
- Reward System
Pemilik perusahaan atau organisasi ingin mencapai tujuan berbentuk keberhasilan dalam target pencapaian perusahaan atau organisasi, begitu pula manusia yang sebagai pekerja, merekapun akan bersemangat untuk membantu pemilik perusahaan untuk mencapai target dan tujuan dikarenakan mereka juga mendapatkan sebuah penghargaan dari pemilik perusahaan tersebut. Oleh karena itu, pengelolaan manajemen sumber daya manusia melalui Reward System dapat meningkatkan kinerja dan motivasi pekerja untuk mencapai tujuan perusahaan
- Pengembangan karir
Pengembangan karir yang dimaksud yakni memberikan kesempatan yang kepada setiap karyawan agar dapat meningkatkan jenjang karir mereka sesuai dengan penilaian kinerja mereka. Hal ini menjadi motivasi bagi karyawan agar untuk menjadi lebih baik lagi dan berdampak besar terhadap perkembangan perusahaan.