MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

Tidak ada jaminan pasti bahwa pelanggan kita akan tetap setia dengan brand yang kita miliki, terlebih dengan banyaknya kompetitor di industri yang sama. Setiap pebisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan hati pelanggan melalui berbagai jenis digital marketing.
Berikut adalah beberapa cara mempertahankan loyalitas pelanggan agar selalu menjadikanmu pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Produk Kita Harus Lebih Unggul Dari Kompetitor
Sudah tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan? Hal pertama yang bisa kita lakukan agar pelanggan selalu memilih kita adalah dengan memastikan bahwa produk kita lebih unggul daripada kompetitor.
Selain mempertahankan pelanggan setia, cara ini juga berpotensi memberikan pelanggan baru. Sehingga kita memiliki pelanggan yang lebih banyak. Hal ini tentu harus kita perhatikan bahkan di awal memulai usaha.
Sebagus apapun pelayanan yang ditawarkan, jika produk kita dinilai kurang dan tidak memiliki keunggulan, pelanggan bisa kapan saja berpindah tempat. Dengan kata lain, pelanggan akan memilih produsen yang tidak lain adalah kompetitor bisnis kita.Â
Pelajari psikologi marketing agar bisa mendapatkan hati calon pelanggan dan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia.
Sediakan Saluran Komunikasi yang Lengkap
Cara menarik dan mempertahankan pelanggan yang bisa kita coba adalah menyediakan saluran komunikasi yang lengkap. Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang cenderung berbelanja secara online. Itulah kenapa kita harus berada di berbagai platform mulai dari website hingga media sosial.
Kita bisa memastikan bahwa pelanggan memiliki kemudahan akses untuk berkomunikasi dengan bisnis kita bahkan melalui email, live chat, dan telepon. Hadir lebih dekat dengan pelanggan melalui media sosial bisa sangat menguntungkan, jadi coba terapkan marketing melalui media sosial atau yang kerap disebut social media marketing.
Social media marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan mengandalkan berbagai media sosial platform seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan lainnya. Dengan begitu, kita bisa menjangkau lebih banyak target pasar yang kemudian bisa kita ubah menjadi calon pelanggan.
Lakukan Email Marketing
Selain memasarkan produk atau layanan melalui media sosial, kita juga bisa memilih email sebagai media pemasaran. Ini juga sangat baik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Kita bisa mengirimkan mereka penawaran spesial atau update terbaru dari brand kita.
Buat Loyalty Program
Jika kita masih bingung cara mempertahankan pelanggan, mengapa tidak membuat program khusus yaitu loyalty program? Cara ini akan sangat membantu kita memicu loyalitas pelanggan atau konsumen.Â
Coba tawarkan program membership yang memberikan keuntungan yang lebih banyak.
Dengan cara ini, secara tidak langsung kita juga melakukan branding sehingga brand atau bisnis kita semakin dikenal terlebih setelah banyak orang yang tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan.
Lakukan Follow Up Konsumen
Cara mempertahankan pelanggan yang tidak boleh kita lewatkan adalah melakukan follow up sehingga pelanggan akan kembali melakukan pembelian di kemudian hari.
Kita bisa menanyakan sejauh apa tingkat kepuasan mereka dan apa yang harus kita perbaiki dari segi layanan atau lainnya. Kita juga harus siap menerima kritik dari mereka untuk melakukan peningkatan kualitas produk maupun layanan.
Jangan lupa juga untuk mempelajari digital marketing metric yang akan sangat membantu dalam meningkatkan serta mempertahankan jumlah pelanggan.
Berikan Kesan yang Baik Pada Pelanggan
Berikan kesan yang baik agar bisnis kita selalu diingat pelanggan. (Sumber: pixabay)
Satu hal yang harus kita ingat adalah pelanggan akan selalu mengingat bisnis yang berkesan. Kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, misalnya:
- Menampilkan visual menarik pada website, email bisnis, atau media sosial.
- Memastikan websitememiliki kecepatan loading yang tinggi yang juga berpengaruh terhadap jumlah leads website.
- Memastikan bahwa website responsif, user-friendly,dan mobile-friendly.
Kirim Pesan Secara Personal
Cara mempertahankan pelanggan yang satu ini terkesan agar merepotkan tetapi banyak perusahaan besar yang melakukannya. Data pelanggan harus tersimpan pada sistem agar nantinya bisa digunakan sebagai rujukan saat hendak mengirim email atau SMS berisi promosi produk.
Untuk kebutuhan email transaksi, tidak ada salahnya untuk menggunakan sendgrid dari Exabytes agar saat mengirimkan email konfirmasi pesanan, brand kita terlihat lebih profesional.
Kita juga bisa mengirim pesan personal untuk mengingatkan agar mereka kembali berbelanja produk dari brand milikmu. Pada momen personal pelanggan, seperti beberapa minggu setelah mereka membeli produkmu atau pun saat mereka sedang berulang tahun, jangan lupa untuk turut andil di dalamnya seperti memberikan kode voucher spesial.
Menawarkan Berbagai Kemudahan dalam Bertransaksi
Pelanggan akan setia pada brand yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. (Sumber: Unsplash)
Kemudahan dalam bertransaksi bisa kita tawarkan pada pelanggan baik saat mereka melakukan pembelian secara online maupun konvensional.Â
Saat ini, pembayaran menggunakan paylater banyak dipilih, jadi kita bisa mencoba menyediakan pilihan pembayaran tersebut. Atau kita juga bisa menambahkan metode pembayaran lain yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.
Untuk transaksi yang dilakukan secara konvensional, kita bisa menawarkan beberapa layanan seperti layanan antar, layanan door to door, dan masih banyak lagi.
Ini akan menambah daftar cara mempertahankan pelanggan, terutama di tengah persaingan yang semakin ketat.Â
Tingkatkan Performa Karyawan
Apabila kita memiliki toko fisik, kita harus meningkatkan performa karyawan. Bagaimana pun juga, karyawan adalah cerminan sebuah brand. Sebagai pemilik brand yang dikenal baik oleh publik, kita harus menunjukkan bahwa orang-orang yang ada dibalik brand tersebut juga baik.Â
Berikan karyawan pelatihan seputar customer service dan bagaimana caranya bekerja secara profesional karena mereka akan menghadapi pelanggan yang berbeda karakter dan latar belakang.
Keuntungan Timbal Balik
Memang benar jika tujuan utama dari berjualan adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, hal tersebut harus bertahan dalam jangka waktu yang lama atau secara kontinuitas.Â
Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus menemukan cara mempertahankan pelanggan seperti memberikan keuntungan timbal balik pada pembeli atau pelanggan.
Baik penjual maupun pembeli sama-sama saling membutuhkan dan hubungan baik dengan pelanggan harus tetap terjaga. Keuntungan timbal balik bisa berupa apa saja dan bisa kita sesuaikan dengan minat atau kesenangan pelanggan.
Dengan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan, kita bisa memastikan bahwa cara ini juga bisa memberikan hasil yang baik untuk setiap customer retention yang dilakukan.
Buat Komunitas Pelanggan
Dengan adanya komunitas pelanggan, orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap sebuah produk kita tentu akan bertemu dan bertukar pikiran. Kita juga bisa mengajak mereka bergabung ke grup yang berisikan pelanggan setia.
Ini bisa menjadi cara untuk membangun loyalitas pelanggan serta mendorong mereka untuk ikut loyal dengan produk kita. Meski bukan merupakan strategi baru, tetapi bisa kita gunakan sebagai cara mempertahankan pelanggan.Â
Dari sini, kita bisa tahu apa yang diharapkan pelanggan sehingga kita bisa mencoba untuk memenuhinya agar bisnis kita semakin berkembang dan pelanggan akan semakin loyal. Mereka tidak akan berpikir untuk mencari penyedia lain karena kita mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Bagikan Nilai Bisnis Kita
Terkadang, prinsip dan nilai yang ditawarkan oleh sebuah bisnis menjadi pertimbangan seseorang membeli produk dari bisnis tersebut. Kita bisa membagikan nilai bisnis agar calon pembeli semakin tertarik untuk mendapatkan produk terbaik dari brand milikmu.
Misalnya, kita bisa memastikan bahwa produk yang ditawarkan merupakan produk berkualitas namun bisa dibeli dengan harga terjangkau. Nilai tersebut bisa kita tegaskan di website maupun media sosial bisnismu.
Hal ini bisa kita lakukan untuk menekan churn rate sekaligus mempertahankan pelanggan setia.
Manfaatkan Social Proof
Lebih dari 50 persen pembeli melakukan riset online sebelum mereka memilih produk atau layanan. Ini juga menjadi alasan mengapa begitu banyak bisnis menampilkan testimoni positif di berbagai channel mereka termasuk website.
Tujuannya adalah agar target pasar atau calon pembeli percaya dengan produk yang mereka tawarkan.
Pastikan kita juga sudah menyediakan strategi social media marketing yang tepat agar cara mempertahankan pelanggan satu ini memberikan hasil yang lebih maksimal.
Tawarkan Diskon
Berikan diskon agar pelanggan tetap setia berbelanja produk kita. (Sumber: Unsplash)
Siapa yang tidak suka diskon? Diskon bisa menjadi salah satu cara menarik mempertahankan pelanggan agar tetap setia pada brand kita. Diskon bisa kita tawarkan pada produk yang sering dibeli oleh pelanggan.Â
Gunakan Customer Relationship Management (CRM)
Hampir semua cara mempertahankan pelanggan bisa kita eksekusi dengan mudah dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM). Sistem ini memungkinkan kita untuk mengumpulkan dan menyimpan data penting para pelanggan termasuk histori transaksi, kebiasaan pembelian, dan masih banyak lagi.
Dengan adanya sistem CRM, sebuah bisnis bisa lebih memahami pelanggan yang kemudian berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan.
Sediakan Fitur Wishlist
Fitur seperti wishlist bisa menjadi cara tepat untuk mempertahankan pelanggan. Dengan adanya fitur satu ini, pelanggan bisa menyimpan item favorit mereka yang bisa mereka beli kapan saja. Hal tersebut juga sangat membantu dalam menjalankan pemasaran secara personal.
Biasanya, data wishlist pelanggan tersimpan pada sistem Customer Relationship Management (CRM). Data tersebut bisa kita gunakan untuk mengirimkan notifikasi ketersediaan barang, potongan harga, dan lain sebagainya.
Minta Feedback dan Review
Feedback dan Review dari pelanggan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk serta layanan. (Sumber : pixabay)
Feedback dan review bisa kita gunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan apa pendapat mereka tentang produk yang kita jual. Apabila feedback dan review cukup bagus dan sesuai dengan harapan bisnis kita, ini berarti kita memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan kualitas.Â
Namun, jika feedback dan review yang diberikan pelanggan kurang bagi, maka kita harus mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan sehingga bisa memberikan apa yang pelanggan cari dan butuhkan.
Respon Feedback dan Review yang Didapatkan
Merespon feedback dan review merupakan cara mempertahankan pelanggan yang tidak boleh kita lupakan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa mereka begitu dihargai dan diperhatikan.Â
Pelanggan akan tahu bahwa kita akan melakukan terobosan yang berdampak pada tingkat kepuasaan dan pengalaman mereka dalam berbelanja.
Kesimpulan
Untuk mempertahankan sekaligus menambah pelanggan setia, kita tidak harus berpatokan pada cara yang disebutkan di atas. Ada begitu banyak cara mempertahankan pelanggan yang bisa kita terapkan. Semakin banyak cara yang dicoba, semakin besar peluang keberhasilan yang diharapkan.
Akan tetapi, kita juga harus mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan masing-masing cara mempertahankan pelanggan yang sudah dilakukan.Â
Kita tidak tahu berapa lama pelanggan akan bertahan dan setia pada produk yang kita jual. Jadi, tunggu apa lagi?Â
Sumber Referensi: https://www.exabytes.co.id/blog/cara-mempertahankan-pelanggan/,Siti Rohmah Noviah (2022).Catat! Ini 15+ Cara Mempertahankan Pelanggan yang Wajib Diketahui